Selasa, 29 September 2015

Sebuah Karya: Memandang Indonesiaku

Awal 2012 beberapa rekan, yang kebetulan punya passion sama, mengajak untuk berkumpul dan "bikin sesuatu". Berawal dari saling bertukar pikiran, wawasan, buku bacaan, dan segala keseruan di dalamnya, maka kami sepakat mendirikan komunitas yang diberi nama Pustaka Merah Putih.

Visi besarnya adalah mendorong agar minat baca di kalangan anak muda bisa terdongkrak guna mensukseskan gerakan #ITSmembaca. Maka yang kami lakukan adalah mengumpulkan seluruh buku yang kami punya untuk dijadikan sebagai sebuah perpustakaan. Seluruh mahasiswa ITS (waktu itu) kami bebaskan meminjam atau sekedar sharing maupun tukar bacaan melalui dunia maya (on line) maupun "buka lapak" taman baca yang berpindah-pindah dari jurusan ke jurusan di kampus kami. Pada kenyataannya peminatnya malah melebar hingga ke kampus tetangga.

Akhir 2012, beberapa penggagas dan penggerak komunitas #PustakaMerahPutih sepakat untuk memulai project menulis. Ide dasarnya adalah menuangkan apapun yang mereka lihat dan saksikan tentang Indonesia dengan tidak membatasi cara, metode, ekspresi, dan apapun yang ada di benak para penulisnya.

Intinya sebagai salah satu trigger juga agar komunitas inipun bisa menelurkan karya (selain aktivitas "buka lapak" peminjaman buku-buku keren secara gratis yang masih rajin kami lakukan saat itu) demi menyongsong ulang Pustaka Merah Putih yang pertama.

Dengan segala keterbatasan yang berujung kepada molornya waktu penggarapan hingga finishing, akhirnya........

Buku "Memandang Indonesiaku"
Alhamdulillaaaah...terwujud juga format fisiknya.

Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat yang tak dapat disebutkan satu per satu.

Karena ini cetakan terbatas (hanya 50 buah, dalam proses cetak tambahan 100 eksemplar), seluruhnya akan kami donasikan ke pihak-pihak yang kami tunjuk. Namun jika memang banyak yang berminat, maka akan segera kami cetak dalam jumlah besar dan jika memang nanti disepakati untuk dijual bebas, maka hasil penjualan akan langsung kami donasikan ke taman baca/rumah baca atau pihak-pihak lain yang kami pandang memiliki visi yang sama: menyalakan Indonesia melalui gerakan gemar membaca.



Nantikan jilid kedua yang insya Allah akan jauh jauh jauh lebih matang.




Salam Pustaka Merah Putih...



Membaca dengan hati, memaknai dengan aksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar